Peninggalan Istana Pase Akan Dipamerkan di Pekan Kebudayaan Aceh

ACEH UTARA, – Puluhan koleksi benda bersejarah dari Kerajaan Samudera Pase, akan dipamerkan pada Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) 7 di Banda Aceh, 5-15 Agustus 2018 di Taman Sulthanah Saifuatuddin.

Koleksi itu berupa mata uang kuno, simbol kerajaan, dan wadah yang digunakan istana Kerajaan Samudera Pase.

“Kami membawa belasan koleksi Museum Samudera Pase. Koleksi ini terbilang langka, dan susah menemukannya. Kami ingin tunjukkan ke publik dalam PKA 7 di Banda Aceh bahwa begini loh simbol, umbul-umbul kerajaan tempo dulu,” kata Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Aceh Utara, Nur Liana, Minggu (22/7/2018).

Dia menyebutkan, selain itu, koleksi perhiasan kerajaan, alat musik tradisional serta benda bersejarah lainnya juga turut dipamerkan.

Momentum itu, menurut Nur Liana, bisa menjadi pengetahuan baru bagi publik yang menghadapi PKA 7 di Banda Aceh.

Petugas kebudayaan memperlihatkan koleksi Museum Pase di Kecamatan Samudera, Aceh Utara./MASRIADI SAMBO Petugas kebudayaan memperlihatkan koleksi Museum Pase di Kecamatan Samudera, Aceh Utara.

“Kami harap ini menjadi pemicu ramai-ramai orang datang ke museum. Ramai pula yang mau belajar dan paham sejarah daerahnya,” katanya.

Kerajaan Samudera Pase, merupakan kerajaan pertama yang menganut Islam di nusantara. Kerajaan ini pula yang terbesar pada masa lampau di Indonesia.

Selain Samudera Pase, kerajaan Aceh yang dikenal publik yaitu Kerajaan Aceh Darussalam dan Kerajaan Peureulak.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *